Jumat, 06 Maret 2015

Onno Widodo Purbo Pelopor Perkembangan Internet Tanah Air

Onno Widodo Purbo
Pelopor Perkembangan Internet Tanah Air



Seperti yang sudah kita ketahui bersama, teknologi informasi di Indonesia kini telah mengalami banyak sekali perkembangan. Internet yang dulunya masih menjadi barang tak lazim dan sulit tersentuh pun, kini telah menjadi sebuah kebutuhan yang  tidak mungkin terlepaskan dari kehidupan sehari-hari kita.
Namun apakah anda tahu, kemudahan yang dapat kita nikmati saat ini tentunya tidak terlepas dari peran dan usaha para pakar dunia teknologi yang dahulu menjadi pelopor masuknya internet dan juga berkembangnya teknologi yang memudahkan hidup kita. Dan salah satu tokoh yang sangat berjasa hingga masuknya layanan internet di Indonesia adalah Onno Widodo Putro.
Mungkin kebanyakan dari anda masih awam tentang sosok berjasa di bidang internet dan teknologi Indonesia ini bukan. Nah berikut ini merupakan ringkasan kisah dan profil dari Onno W. Purbo sang pelopor perkembangan internet tanah air.


Kehidupan Pribadi Onno Widodo Purbo

Lahir dan besar di kota kembang Bandung, Onno merupakan putra dari seorang professor lingkungan hidup dari universitas ITB  yaitu Bapak  Hasan Poerbo. Ia adalah sulung dari 3 adik yaitu Heru Wibowo Poerbo, Lita Widayanto Poerbo, dan Benyamin Wirawan Poerbo. Berkat bimbingan dan juga arahan dari sang ayah, Onno tumbuh menjadi pribadi yang tidak hanya mempunyai kemampuan yang baik dalam bidang yang ia tekuni namun juga mempunyai semangat berbagi yang tiada henti seperti yang sering di pesan kan oleh sang ayah.
Lulus dari sekolah menengah atas di bandung, ia melanjutkan pendidikannya di universitas tempat ayahnya menjadi dosen yaitu ITB. Onno yang memang telah memiliki ketertarikan di bidang teknologi akhirnya memutuskan untuk mengambil jurusan teknik elektro. Tidak disangka  dengan bakat dan  juga kemampuan nya yang sangat mumpuni, ia bisa lulus dengan predikat lulusan terbaik.

Hal tersebut juga lah yang mengantarkan dirinya mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi S2 nya di Universitas McMaster Kanada. Di sana ia mengambil bidang semi konduktor laser. Pun langkah sang pelopor internet Indonesia tidak hanya sebatas S2. Ia melanjutkan studi Ph.D nya dalam bidang teknologi rangkaian terintergrasi untuk satelit di Universitas Waterloo, Kanada dan lulus pada tahun 1994.

Perjalanan Karir Onno W. Purbo

Karir Onno Widodo Purbo dimulai dengan menjadi pengajar di almamaternya sendiri, ITB. Namun yang menarik adalah ketika ia menjadi dosen pada jurusan teknik elektro, secara pangkat struktural, ia yang sudah lama mengabdi di sana ternyata tidak juga mendapat kepangkatan yang cukup tinggi, hingga akhir karir nya yang pada waktu itu sebagai kepala perpustakaan pusat ITB, ia hanya berpredikat sebagai pegawai golongan III-B.
Hingga akhir nya pada tahun 2000, ia memutuskan untuk tidak lagi menjadi PNS dan diberhentikan secara “terhormat” dari mantan universitasnya tersebut. Namun mungkin memang jalan hidupnya telah menggariskan berbeda, selepas keluar ia malah merasa menemukan kehidupan yang sebenarnya sebagai seorang penulis dan penyuluh di berbagai acara dan diskusi yang membahas mengenai dunia internet dan teknologi.

Hingga kini sudah tidak terkira lagi banyaknya karya dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk hasil terapan teknologi yang berhasil ia ciptakan. Sebut saja salah satu temuan di bidang teknologi yang bernama Wajanbolic. Alat tersebut mempunyai fungsi sebagai penguat sinyal dan jarak jangkauan wireless LAN. Namun yang  unik adalah komponen penyusun dari alat tersebut merupakan barang barang yang lazim dan mudah didapatkan bahkan oleh kalangan bawah.
Jadilah alat tersebut sebagai salah satu terapan teknologi populer yang sangat merakyat di Indonesia, dan lebih lagi semua hasil karya yang berhasil ia telurkan dapat dengan mudah dibuat oleh siapa saja yang ingin mengetahuinya lebih dalam. Karena Onno memang membawa semangat berbagi dan juga ingin memajukan teknologi yang terjangkau bagi semua lapisan kalangan masyarakat.

Onno juga merupakan tokoh dibalik beberapa program yang berfokusa pada pengembangan teknologi seperti program RT/ RW-Net, Asia Internet Interconnection Intiatives (AI3) Project yang merupakan kerjasama dengan akademisi Jepang dan juga sebuah program yang bertujuan merangkaikan sedikitnya 20 unit perpustakaan di seluruh Indonesia, program tersebut bernama Knowledge Management Research Group (KMRG). Dari banyaknya torehan hasil karya nyatanya tersebut, Onno telah mendapatkan sejumlah penghargaan tidak hanya dari dalam namun juga dari dunia internasional.
Jika ditanya tentang cita cita tertingginya, pria rendah hati tersebut menyatakan ingin menciptakan jalur komunikasi yang mudah dan murah bagi masyarakat, bahkan tanpa biaya sama sekali. Mimpi yang tentunya juga menjadi harapan bagi semua rakyat Indonesia.

·         Nama Lengkap : Onno Widodo Purbo
·         Nama Panggilan : Onno / Purbo
·         Profesi : Penulis, Penyuluh Teknologi
·         Tempat Lahir : Bandung, Jawa Barat
·         Tanggal Lahir : 17 Agustus 1962
·         Akun Sosial Media :www.facebook.com/onno.w.purbo, www.twitter.com/onnowpurbo