Sabtu, 07 Maret 2015

Karya Ilmiah Peluang Bisnis



KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS PELUANG BISNIS DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI (IPTEK)
                                                           





                                                             Nama : Dara Rahadian
                                                             NIM     : 14.11.7952
                                                             Kelas  : 14 - S1TI - 06




BAB I
PENDAHULUAN


A. Abstrak 

Seiring dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan permasalahan di berbagai bidang. Namun, melalui perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi juga mempengaruhi berbagai aspek bisnis. Dengan melihat dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, Kita juga bisa membentuk suatu pola pengembangan terkait dengan peluang bisnis. Saat ini di Indonesia banyak jenis bisnis yang memiliki potensi dan peluang yang sangat besar untuk maju, itu dikarenakan terjadinya pembentukan pola pengembangan bisnis yang selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi.


B. Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan ini adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Umum Memperoleh gambaran dalam membangun suatu peluang Bisnis dengan memperhatikan perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi.
2. Tujuan Khusus Agar masyarakat terutama pada anak muda menyadari pentingnya pola dalam pembentukan peluang bisnis yang sehat.

C. Manfaat Penulisan Adapun manfaat penulisan karya tulis ilmiah ini adalah sebagai berikut:

1. Untuk menyelesaikan tugas pada mata kuliah Lingkungan Bisnis
2. Sebagai bahan dalam memberikan sumbangan pemikiran pada masyarakat terutama para pemuda dalam pembentukan peluang bisnis yang sehat
3. Untuk mengetahui apakah masyarakat dapat berfikir luas tentang pentingnya pola pengembangan dalam bisnis

D. Metode Penulisan Dalam penulisan Karya Ilmiah 

Untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan, penulis menggunakan beberapa metode penulisan studi kepustakaan, yaitu penulis membaca buku-buku dan kumpulan mata pelajaran yang berkaitan dengan penelitian ini.
                                                                         

BAB II
ISI 
Pembahasan

Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari- hari dan merupakan suatu ruang lingkup yang dimana dalam penempatannya selalu memiliki lingkup kesibukan untuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dimana dalam bisnis harus memiliki konsep yang matang, agar bisnis yang dijalankannya bisa bertahan dan terus berkembang. Peluang bisnis yang telah dibuka harus didasari oloeh kemampuan baik dalam memanagemen bisnis, dan juga melihat situasi lapangan atau dunia luar.

A. Tujuan Bisnis

Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bias dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.
Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:
  1. Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
  2. Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk, misalnya shampoo 2 in 1.
  3. Physical and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya
  4. fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan Semakin menguntungkan.
  5. Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan
  6. Program training and development yang berkelanjutan. Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
  7. Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.


B. Aspek – Aspek Bisnis

  1. Dalam pelaksanaannya Bisnis memiliki beberapa aspek sebagai berikut :
  2. Kegiatan individu dan kelompok Dimana dalam pembemtukan suatu bisnis dibagi menjadi 2 pilihan, yakni bisnis perorangan atau bisnis perkelompok.
  3. Penciptaan nilai Terciptanya nilai melelui pelaksanaan konsep bisnis
  4. Penciptaan barang dan jasa Dalam bisnis pasti yang dibicaran adalah barang dan jasa yang diberikan atau dijual, sehingga harus ada data yang jelas tentang barang dan jasa yang dihasilkan. 
  5. Keuntungan melalui transaksi Saat melakukan transaksi harus merasa senyaman mungkin baik dari pelayanan yang ditawarkan dan juga kesepakatan harga, dan kesepakata- kesepakatan lainnya.


C. Fungsi Bisnis

Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikroekonomi dan makro ekonomi:

1. Fungsi Mikro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung
  • Pekerja / Karyawan Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba.
  • Dewan Komisaris Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan .
  • Pemegang Saham Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan

2. Fungsi Makro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung:

  • Masyarakat sekitar perusahaan Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan
  • Bangsa dan Negara Tanggung jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.


D. Elemen Bisnis

  • Modal (capital) Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis
  • Bahan-bahan (materials) Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat
  • Sumber Daya Manusia (SDM) Kualifikasi SDM : Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi
  • Ketrampilan Manajemen (Management Skill) Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.


BAB III
A. KESIMPULAN 

Berdasarkan uraian dan pemaparan tentang peluang bisnis maka bisa diambil kesimpulan :
1. Dalam membuat suatu bisnis harus memiliki konsep dasar yang jelas
2. Harus memiliki SDM yang kompetitif dan berkualitas tinggi
3. Bisnis yang kita bangun harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat atau konsumen.

B. SARAN 

Bertolak dari elemen bisnis dipaparkan bahwa elemen bisnis yang paling utama adalah modal, namun dalam hal ini penulis memberi saran bahwa modal yang kita butuhkan akan menjadi nomor keseratus jika ada impian dan tekat yang bulat. Seperti halnya Prof. Dr. M. Suyanto, M. M. yang sukses memulai bisnis tanpa uang.

C. DAFTAR PUSTAKA