Minggu, 19 Februari 2012

IU

IU (아이유) atau Lee Ji Eun (이지은; lahir di Seoul, Korea Selatan, 16 Mei 1993; umur 18 tahun) adalah seorang penyanyi, yang melakukan debut pada tahun 2008, dibawah naungan LOEN Entertainment dengan genre musik K-Pop. Dengan seiringnya waktu wanita bergolongan darah A ini, juga mulai merambah dunia akting.

Karir Musik
IU memulai debutnya pada program musik Korea bernama M! Countdown pada tanggal 18 September 2008. IU merilis mini-album pertamanya, Lost and Found,di mana lagu yang paling terkenal adalah "Missing Child”, pada tanggal 23 September 2008. Namun, album ini tidak sukses secara komersial. Pada tanggal 16 April 2009, IU meluncurkan album penuh pertamanya, berjudul Growing Up, dengan lagu promosinya, "Boo." Dalam waktu tiga minggu,, "Boo" naik ke pesain #1 untuk SBS Inkigayo, dan namanya juga naik dua kali di Take 7 Together dengan artis terkenal lainnya seperti SG Wannabe dan Younha. Lagu tersebut itu berjalan baik di KBS Music Bank K-Chart, di chart Mnet M!Countdown, dan bermacam-macam online chart.


Tahun 2009, IU menyanyikan ending title song, "Araro" untuk drama MBC, Queen Seon Duk, dimana dia direkomendasinkan oleh Music Director drama tersebut , yang dijuluki olehnya "Clear Tone and Her Lyrical Sensibility." Dia juga tampil di album Mighty Mouth Love Class di lagu "희망사항." Pada akhir 2009, IU merekam lagu MC Mong "Love Letter For You (Neoyege Sseuneun Pyeonji)," featuring SHINee's Key sebagai rapper dalam lagu tersebut.
IU merekam lagu "잔소리" (Nagging / Scolded) bersama 2AM Seulong untuk acara TV We Got Married. Pada 27 Juni 2010, IU memenangkan penghargaan pertamanya sejak dia debut di SBS Inkigayo untuk lagu "Nagging". Pada 2 Juli 2010, dia memenangkan penghargaan lainnya untuk lagu tersebut dalam KBS Music Bank K-Chart. Setelah itu, IU dipilih untuk menanyi untuk lagu OST di Drama MBC Road No.1 berjudul "여자라서" (Because I'm A Woman). Kolaborasi lainnya IU termasuk duet dengan Yoo Seung Ho ("사랑을 믿어요" (Believe in Love)), Sung Shi Kyung ("그대네요" (It’s You)), dan Big Bang Seungri ("I Know").
IU bekerja dengan beberapa musisi Korea Selatan yang paling terkenal dan produser untuk mini album ketiga nya, “REAL,“ yang dirilis December 2010. Lee Min Soo dan Kim Lee Na, pembuat lagu IU yang menjadi hits, ‘Nagging‘, membantu menghasilkan pemenang penghargaan lagunya "좋은 " (‘Good Day‘), bersama dengan Shin Sa Dong Tiger dan penulis lirik Choi Gab Won. IU mendapatkan 3 pengkargaan dari SBS Inkigayo Mutizen Awards untuk penampilannya di lagu tersebut (pada 18 Desember, 26 Desember 2010 dan 2 Januari 2011), 3 penghargaan dari KBS Music Bank K-Chart (pada 24 Desember, 31 Desember 2010 dan 7 Januari 2011), dan 1 penghargaan dari Mnet M!Countdown pada 23 Desember 2010.
 
Soribada, online music service, mengkombinasikan download musik dan streams dari 1 Januari sampai 30 Maret, 2011, untuk lagu IU', "Good Day" sebagai lagu nomor 1 pada kuarter pertama. Lagu "Someday" dari KBS's "Dream High" OST dan lagu balladnya "The Story Only I Didn’t Know" ditempatkan pada posisi 4 dan 7, menunjukkan bahwa IU mendapat 3 dari Top 10 Digital Spots untuk kuarter pertama.
IU juga baru-baru juga menyanyikan self composed OST bernama "Hold my Hand" untuk seri Drama The Greatest Love.
Album IU, Last Fantasy, dirilis pada 29 November 2011." The track list was revealed on 22nd November 2011
IU memperoleh ‘all-kill’ dengan album barunya , ‘Last Fantasy’, ke-13 lagunya secara langsung menduduki semua charnya.
IU akan mengadakan live di Tokyo Bunkamura Orchard Hall pada tanggal 24 Januari 2012.

Profile

IU ( 이지은)

Real Name : Lee Ji Eun (
아이유)

Date of birth : 16th May 1993

Height : 162 cm

Weight : 43 kg

Hobby : Reading


Favorite foods : Raw fish, sweet potato


Favorite musicians : Kim Tae-woo, Gummy


Favorite actors : Kang Ji-hwan, Jung Jae-young, Han Ji-min


Education: Currently attends Dongdeok Girls High School


Labels: LOEN Entertainment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar